Ini Diantaranya Penyebab Rekening Bank Bisa Dibobol

454 Views

 

Jakarta, Diberitakan.com – Kenapa banyak kasus rekening bank seseorang dibobol orang tak bertanggung jawab. Tanpa diketahui tiba-tiba saja saat dicek isi rekening telah dikuras.

Corporate Secretary Bank Rakyat Indonesia (BRI) Amam Sukriyanto menjelaskan, ada dua kemungkinan penyebab rekening nasabah bisa bobol.

Pertama, jika nasabah membocorkan PIN kartu ATM atau M-Token Internet Banking.

“Pembobolan rekening terjadi hanya apabila seorang nasabah membocorkan atau memberitahukan PIN Kartu ATM atau M-Token Internet Banking kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujar Amam, dirilis  Kompas.com, Minggu (7/6/2020).

Kejahatan perbankan melalui nomor telepon, sambungnya, bisa terjadi karena adanya Sim Card Swap. “Kejahatan perbankan melalui nomor telepon terjadi dikarenakan pelaku kejahatan melakukan SIM Card Swap, yaitu memindahkan penguasaan nomor telepon dari pemilik asli kepada pelaku (fraudster),” ungkap Amam.

Dikatakan Amam, untuk pihak BRI selalu menghimbau kepada seluruh nasabah untuk menjaga kerahasiaan data pribadi kepada orang lain, termasuk oknum yang mengaku-ngaku dari bank.

Terpisah, EVP Secretariat and Coporate Communication Bank Centra Asia (BCA) Hera F Haryn mengingatkan agar nasabah segera menghubungi kantor cabang terdekat jika ada indikasi transaksi yang bukan dilakukan oleh yang bersangkutan.

“Apabila terdapat indikasi adanya transaksi yang bukan dilakukan oleh nasabah yang bersangkutan, nasabah dapat segera menghubungi kantor cabang BCA terdekat, Halo BCA melalui telepon 1500888, twitter @halobca atau whatsApp 0811 1500 998 untuk dapat kami tindaklanjuti,”terang Hera.

“Nasabah agar selalu menjaga kerahasiaan data diri dan personal identification number (PIN), menggantinya secara berkala, dan menutup keypad saat memasukkan PIN di ATM,” pungkasnya.

Selain itu, dia juga meminta nasabah untuk menggunakan PIN dengan kode yang unik, sehingga sulit diterka oleh orang lain.

Holly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles

Sponsor