Pembangunan Pelabuhan Bias Munjul, Bupati Suwirta Minta Masyarakat Nusa Penida Mendukungnya

0 0
258 Views
Read Time:1 Minute, 44 Second

Klungkung, Diberitakan.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra menghadiri Sosialisasi Pembangunan Pelabuhan Bias Munjul “Rencana Pelebaran Akses Jalan dan Jalan Lingkar Ceningan”, di Balai Desa Lembongan, Sabtu (26/12/2020).

Turut hadir  dalam kegiatan tersebut Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Provinsi Bali dan Provinsi NTB, Muiz Thohir, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung, I Nyoman Sucitra, Kadis PUPR, Anak Agung Gede Lesmana, Kadis Pariwisata Kabupaten Klungkung, A.A Gede Putra Wedana, Camat Nusa Penida, Komang Widiasa Putra, Instansi terkait, pemilik lahan dan masyarakat sekitar pelabuhan.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meminta kepada masyarakat Nusa Penida untuk mendukung program pembuatan pelabuhan tersebut. Pelabuhan Bias Munjul yang dibangun terkoneksi antara fast boat dan kapal Roro, dengan estimasi biaya sebesar Rp. 138 Milyar.

Bupati Suwirta mengatakan bahwa dalam proses pengerjaan pelabuhan, hasil pengerukannya akan dimanfaatkan untuk pembuatan panggung di Nusa Ceningan.

“Saya mengharapkan sosialisasi ini merupakan sosialisasi yang terakhir dilakukan dalam rangka pengerjaan,” ucap Bupati Suwirta.

Terkait rencana pelebaran akses jalan dan jalan lingkar ceningan, lanjut Bupati, Pemkab Klungkung akan melebarkan jalan sepanjang sekitar 3,5 kilometer dengan badan jalan yang sekarang 3 meter menjadi 7 meter. Pelebaran tersebut tidak terlepas dari upaya pemerintah memberikan kenyamanan dalam berkendara dan perencanaan transportasi listrik, namun terlebih dulu harus mengubah status jalan, dari jalan desa menjadi berstatus jalan kabupaten.

Menanggapi rencana pelebaran jalan tersebut, Bupati Suwirta juga mengharapkan masyarakat di Nusa Ceningan mendukung program Pemkab Klungkung itu. Bagi warga yang tanahnya terkena jalur akan bertemu dengan pemilik lahan agar merelakan lahannya.

“Pelebaran akses jalan, jalan lingkar ceningan, akses jalan jembatan menuju lembongan semua ini mendukung adanya pelabuhan Bias Munjul. Sepanjang 2 meter pada bagian kanan dan kiri jalan pada jalur pelebaran jalan melingkar yang terletak di Nusa Ceningan,” terang Bupati.

Bupati Suwirta menambahkan saat ini perkembangan pariwisata di Nusa Penida sangat begitu pesat. Pihaknya akan terus berupaya untuk mempercepat pembangunan infrastruktur khususnya antara di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

“Konsep perencanaan kedepan pulau Nusa Lembongan dengan Ceningan ini akan dijadikan Agro Wisata yang ramah lingkungan dengan menggunakan kendaraan listrik,” ungkap Bupati Suwirta.*/Ans

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Ny Putri Koster Tak Hentinya Menggaungkan Wacana Kesetaraan Gender Kaum Perempuan
Next post Desa Ciganjeng Sudah 200 Tahun Berdiri, HUT Dirayakan Sederhana Ditengah Pandemi Covid 19

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles

Sponsor