Tenaga Kesehatan di Pulau Terpencil Kabupaten Pangkep Divaksinasi Tahap 2

63 Views

Pangkep, Diberitalan.com  – Sejumlah tenaga kesehatan dan unsur kantor desa di pulau-pulau terpencil di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan kembali mendapatkan dosis Vaksin jenis Sinovac tahap kedua.

Sebelumnya sebanyak 15 orang pegawai Puskesmas Sailus telah menjalani vaksinisasi tahap awal diposko kesehatan yang berlokasi di Kota Pangkep dan rencananya pihak Puskesmas akan kembali menggelar proses vaksinisasi di Pulau Sailus.

Pelaksanaan Vaksinasi kedua ini berada di pulau terluar Provinsi Sulawesi Selatan yang berpusat di Puskemas Sailus, Kecamatan Liukang Tangaya, Kabupaten Pangkep.

Sebanyak 30 orang peserta yang mendapatkan Vaksinasi tahap kedua dengan jumlah dosis 0,5 ml

Para Nakes tersebut berasal dari 10 pulau terpencil yang ada di Kecamatan Liukang Tangaya.

Kepada awak media. Dokter Amaliah Mustari mengatakan bahwa Pulau Sailus menjadi tempat berkumpul para peserta yang akan mendapatkan bagian Vaksin Sinovac.

“Pulau sailus dipilih sebagai pusat Vaksinasi tahap kedua, jadi nakes pulau-pulau terpencil lainnya juga berkumpul disini” beber Dokter Amaliah Mustari. Rabu (03/03/2021)

Selain tenaga kesehatan yang mendapatkan Vaksinasi tahap kedua, juga diikuti oleh tokoh masyarakat yang diwakili oleh kepala desa setempat, imam masjid dan petugas kepolisian dari Polsek Liukang Tangaya maupun Koramil setempat.

“Proses vaksinasi ini kami prioritaskan terlebih dahulu unsur-unsur Puskemas Sailus dan pegawai desa, hal itu dimaksudkan agar masyarakat tak khawatir di vaksin karena telah melihat kami di vaksin terlebih dahulu” jelasnya.

Sebelumnya Pulau terluar Sulawesi Selatan ini melaksanakan Vaksinasi tahap awal pada (02/16/2021) dan hingga berita ini diturunkan masih berlangsung proses penyuntikan Vaksin.

Hingga kini pihak Puskesmas Sailus masih melakukan pendataan ke berbagai pulau-pulau terpencil lainnya. Guna mengetahui berapa jumlah secara keseluruhan masyarakat yang nantinya mendapatkan Vaksin Sinovac.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sailus Hatibu S. Kep. Ns menuturkan bahwa hingga kini pihak Puskesmas terus melakukan pendataan secara berskala guna mengumpulkan dosis vaksin yang nantinya akan digunakan di tahap ketiga.

“Sejauh ini seluruh nakes dan unsur desa telah melakukan vaksin, dan kedepan insya Allah setelah semua data masyarakat telah terkumpul, kami akan melanjutkan proses Vaksin tahap ketiga” jelas Kepala Puskesmas Sailus Hatibu S. Kep. Ns.

“Wilayah Puskesmas Sailus mencakup sembilan pulau, jadi nantinya kami akan membagi tenaga medis guna mempercepat proses Vaksinisasi,” tambahnya.

Diketahui Pulau Sailus sendiri merupakan Pulau terluar yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan dengan letak geografi posisi tertinggi, yaitu 22 meter diatas permukaan laut. Berbatasan langsung dengan Bali dan Nusa Tenggara Barat dan Pulau Sailus merupakan salah satu pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di pulau tersebut. Achank

One thought on “Tenaga Kesehatan di Pulau Terpencil Kabupaten Pangkep Divaksinasi Tahap 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles

Sponsor