Parkir Liar

0 0
407 Views
Read Time:4 Minute, 5 Second

Oleh: *Melania Fitri Ardita

Diberitakan.com -Usaha parkir liar memang cukup menggiurkan. Setiap harinya kendaraan sepeda motor maupun mobil tak henti-hentinya menggunakan jasa Parkir Liar.

Parkir liar ini biasanya menggunakan lahan kosong tak terpakai. Kemudian, lahan tersebut disulap menjadi parkir liar. Tarif yang dikenakan untuk biaya parkir biasanya antara Rp 2.000 sampai Rp 5.000.

Dari penghasilan yang menggiurkan ini bahkan terdapat perkumpulan gerombolan juru parkir liar. Dimana ada satu orang yang menguasai beberapa lahan parkir liar. Kemudian dia menempatkan juru parkir di tempat itu dan mengawasinya.

Aturan terkait parkir sendiri sudah tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 17 tahun 2006. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam beberapa kesempatan juga sempat menyoroti parkir liar yang menyebabkan kemacetan dan mengganggu kenyamanan.

Kami menemui tukang parkir yang berada di area Mall Panakukang Makassar bernama Habibi, Ia mengatakan bahwa pendapatan dari parkir yang ia lakukan untuk menghidupi dirinya sendiri dan keluarganya, meskipun yang ia peroleh tidak menentu.

Hal ini ia lakukan karena ingin mencari penghasilan tambahan, karena statusnya yang masih pelajar. Ia sendiri sudah menjadi tukang parkir selama 6 tahun.

Berbeda dengan Abdul, tukang parkir yang berada di depan Indomaret samping futry Maros. Ia telah lama berada di area sekitar. Sebelum menjadi tukang parkir ia berprofesi sebagai sopir pribadi pemilik Futry Maros. Lalu pada kisaran tahun 1968-an beliau menjadi tukang parkir di futry (Pusat Oleh-Oleh khas Maros) sebelum ada Indomaret disampingnya. Meskipun pendapatan yang tak menentu ia peroleh, tetapi kebutuhan keluarganya tercukupi. Kedua anak nya telah menikah. Bapak 5 anak tersebut sepertinya telah mencintai profesinya. Ia bekerja mulai pukul 12 siang hingga 12 malam.

Kami dan team melihat saat bertanya-tanya mengenai hal ini, banyak pengunjung yang menyapa beliau. Terlihat dari raut wajahnya yang ramah dan selalu tersenyum kepada pengunjung Indomaret. Pihak Indomaret pun tidak mempermasalahkan kehadiran beliau menjadi tukang parkir disini.

Menurut pendapat salah satu dosen sosiologi Universitas Muhamaddiyah Makassar yang kami wawancarai melalui aplikasi pesan whatsapp. Beliau menuturkan bahwa pada dasarnya kehadiran tukang parkir itu menekankan keteraturan. Namun juga kehadiran tukang parkir liar menjadi persoalan yang mengganggu kenyamanan bagi pengendara, jika hanya untuk diberi upah tanpa melakukan tugas sebagaimana mestinya. Tetapi jikalau memang tukang parkir liar sosoknya hadir untuk ketentuan dengan memahami fungsinya dan meminta upah dengan cara tidak memaksa, adalah hal yang lumrah/biasa bagi kehidupan manusia (manusia saling membutuhkan).

Lalu peran pemerintah mesti memberikan solusi alternatif ketika hal tersebut dilarang secara tegas. Ketika melakukan pelarangan bisa saja melahirkan persoalan lain (tindak kejahatan) demi upaya mereka bertahan hidup.

Kemudian beliau kembali menuturkan bahwa parkir itu salah satu sumber pendapatan asli suatu wilayah (PAD), bumi air dan kekayaan alam lainnya dikelola oleh negara. Itu jelas dalam Undang-Undang, sehingga sangat wajar ketika pendapatan parkir itu mustinya dikelola oleh pemerintah. Meminimalisir parkir liar berarti pemerintah juga harus mempersiapkan lapangan pekerjaan lain demi mencegah persoalan lain yang akan timbul nantinya.

Selanjutnya bagaimana pandangan mengenai istilah semakin banyak parkir liar, maka semakin tinggi angka kejahatan, menurutnya pernyataan diatas, justru mengurangi kejahatan

Selanjutnya penuturan dari salah satu pihak pemerintah mengenai personal parkir liar sebenarnya tangggung jawab kita semua. Namun yang pasti kami sendiri dari pihak PD.Parkir berusaha semaksimal mungkin meminimalisir keberadaan Jukir liar (juru parkir) dengan rutin melakukan Patroli Mobile melalui TRC ( Tim Reaksi Cepat ). Patroli tersebut dengan cara menelusuri ruas jalan yang ada di kota makassar untuk memastikan keberadaan jukir liar tersebut.

Selain itu uga membuka layanan Call Centre dan pengaduan bagi masyarakat yang mendapat perlakuan kurang menyenangkan terkait layanan parkir, serta bisa memberikan informasi jika menemukan oknum juru parkir liar agar segera dtindak lanjuti

Parkir liar memang sangat meresahkan bagi masyarakat. Sebab terkadang juru parkir liar ini bersikap seperti preman, dengan meminta tarif seenaknya tanpa dilandasi legalitas resmi. Tentu hal ini juga akan berdampak pada tidak optimalnya pendapatan asli daerah dari sektor parkir, karena dimanfaatkan dengan keberadaan juru parkir liar.

Upaya intens melakukan patroli di setiap wilayah untuk memastikan sudah tidak ada juru parkir liar. Lalu setiap koordinator wilayah diberi tanggung Jawab agar memastikan di setiap wilayah penagihannya sudah tidak ada juru parkir liar.

Beliau menuturkan masih masif dalam mensosialisasikan kepada masyarakat, baik lewat media online, cetak dan elektronik serta layanan media sosial, agar tidak memberikan uang jika menemukan juru parkir liar, dan segera melaporkan ke kami untuk segera di tindak lanjuti

Sejauh ini pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir hal tersebut. Bahkan sudah dibentuk ke dalam TIM BKO yang di dalamnya ada Dishub (Dinas Perhubungan, Satpol PP, Polri dan TNI). Akan tetapi hal seperti ini ibarat tiba masa tiba akal, dimana mereka punya kesempatana, maka akan dimanfaatkan. Intinya kami tetap berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir hal tersebut.

Pada pertanyaan terakhir terkait selain merugikan masyarakat apa lagi yang mendasari pelarangan parkir liar, yaitu bukan cuman parkir liar, akan tetapi terkait layanan parkir yang kurang memuaskan. Juga sering di sampaikan jelas bahwa parkir liar adalah masuk kategori pungutan liar (Pungli) yang UU nya jelas, bahkan ancaman hukumannya adalah pidana.

Penulis: *Mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Makassar

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Satpas SIM Polres Maros Tingkatkan Layanan Publik, Lengkapi Pusat Info Layanan dan Box Charging
Next post Pandemi, Tempat Wisata di Maros, Taman Prasejarah Leang Leang dan Wisata Alam Bantimurung Tetap Eksis

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

One thought on “Parkir Liar

  1. Hi there, after reading this amazing piece of writing i am too delighted to
    share my familiarity here with colleagues.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles

Sponsor