Mediasi Sengketa Tanah, Kades Pattontongang dan Camat Mandai Menengahi

0 0
253 Views
Read Time:1 Minute, 35 Second

Diberitakan.com, Maros — Giat mediasi atas sengketa tanah, Kepala Desa Pattontongang dan Camat Mandai menengahi terkait kasus sengketa tanah di Desa Pattontongang Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, pada Selasa (30/03/2021).

Langkah yang diambil oleh aparat kepala Desa Pattontongang memang biasa dilakukan apalagi persoalan tanah.

Mediasi dilakukan atas permintaan dari warga Dusun Mangento, Desa Pattontongang, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros. Turut hadir pada kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kecamatan Mandai Andi Mappelawa didampingi Kepala Desa Pattontongan M, Djafar SM, dan Babinkantibnas, Babinsa dan perangkat Desa Pattontongan.

Kepala Desa Pattontongang M. Djafar mengatakan, bahwa pihaknya hampir setiap minggu menengahi persoalan tanah dengan melakukan mediasi, dengan harapan tidak terjadi riak di wilayahnya.

“Kami memang selalu mengambil langkah mediasi untuk menjaga keamanan wilayah Kecamatan Mandai, terkhusus di Desa Pattontongan. Langkah yang sering kami ambil adalah pendekatan kekeluargaan kepada kedua belah pihak yang berperkara, apalagi jika persoalan tanah kami selaku aparat desa harus sigap untuk menjadi penengah,” ungkap Kepala Desa Pattontongang ditemui di ruanga kerjanya.

Sementara itu Kepala Kecamatan Mandai Andi Mappellawa, S,Sos, M.Si menjelaskan bahwa keputusan pada mediasi hari ini yang pertama melakukan pengukuran tanah oleh badan pertanahan nasional maros. Xan yang kedua kami memberikan waktu kepada pihak termohon dan pemohon untuk berdialog dan berkoordinasi. Selanjutnya mediasi kedua akan kami lakukan setelah ada hasil dari pengukuran BPN dan hasil dari dialog kedua belah pihak.

“Dalam kasus yang kami tengahi kami berharap ada dialog atau komunikasi secara kekeluargaan. Makanya itu di mediasi kali ini kami dari Kecamatan Mandai dan kepala Desa Pattontongan mengambil kesimpulan. Yang pertama adalah memberikan interval waktu kepada kedua belah pihak untuk berkoordinasi dan menyarankan kedua belah pihak untuk melakukan pengukuran kembali oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Maros (BPN) dan kami akan melakukan mediasi kedua setelah ada keputusan dari hasil dialog kedua belah pihak dan hasil pengukuran oleh BPN Maros,” papar Andi Mappallewa, Kepala Kecamatan Mandi kepada media ini saat ditemui di ruang mediasi Desa Pattontongang.

Anchank

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Breaking News: Mabes Polri Diserang Teroris, 1 Tewas Ditembak
Next post Terduga Teroris Wanita Penyerang Mabes Polri Pengikut ISIS

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles

Sponsor