Sering Sebabkan Kemacetan, PSN Stasiun dan Rel KA Di Kab Maros Mendapat Sorotan dan Keluhan

0 0
43 Views
Read Time:2 Minute, 34 Second

Diberitakan.com | Maros – Dikarenakan sering menyebabkan kemacetan dan debu, Proyek Strategis Nasional ( PSN ) Stasiun dan Rel Kereta Api di Kabupaten Maros mendapatkan berbagai sorotan dan keluh an masyarakat.

Diketahui bahwa truk pengangkut material terpantau oleh warga sering melebihi kapasitas dan menambahkan bak kayu diatas bak aslinya, sehingga warga juga melaporkan tentang masih banyaknya truk yang tetap beroperasi di malam hari serta menyalahi SOP yang hingga kini masih terabaikan.

Saat dimintai keterangan, Asdar salah seorang warga yang memblokade jalan yang biasanya dilintasi truk proyek mengatakan, sebelumnya kita sudah lakukan aksi di depan kantor bupati namun tidak mendapatkan respon, jadi kami sepakat untuk lakukan pemblokiran jalan.

Dengan adanya Proyek Strategis Nasional ( PSN ) Stasiun dan Rel Kereta Api yang menyalahi SOP yang berlaku sehingga pengangkut material harus mengantri dan membuat lalulintas tersendak sepanjang 3KM lebih, akibat jalur yang biasanya mereka lalui harus di blokade oleh warga yang tergabung dalam aliansi. Rabu (06/10/2021)

Asdar juga menambahkan bahwa ada juga beberapa truk yang mengemudi dengan kencang dan ugal-ugalan sehingga menyebabkan anak pernah menjadi korban. Tegasnya.

Sementara itu, saat diwawancarai terpisah. Camat Maros Baru A. Irfan Paharudin mengatakan bahwa dirinya bersama warga telah melakukan mediasi dengan pihak pelaksana proyek rel kereta api, agar kiranya kedepan lebih menegaskan tentang prosedur yang berlaku.

Apalagi diketahui sebelumnya berbagai aliansi dan OKP pernah melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruang Paripurna Kantor DPRD Maros, sehingga dengan adanya tindakan itu diharapkan menjadi rujukan yang diperuntukan oleh pihak pelaksana proyek skala nasional itu.

“Sebelumnya memang berbagai aspirasi warga telah tersampaikan, namun melihat kondisi tentang jabatan saya yang baru sebulan di Maros Baru, sehingga saya harus memahami medan disini terlebih dahulu, namun kami sebagai penyambung aspirasi masyarakat tetap menegaskan kepada pihak pelaksana proyek agar tak teledor dalam mematuhi aturan yang ada” terang A. Irfan Paharudin. Eks Camat Tanralili itu.

Saat pemblokiran jalan, terpantau personil Kepolisian dan TNI berjaga dilokasi guna mengantisipasi terjadinya kerusahan dan tindak anarkisme, melihat proyek tersebut telah memakan korban jiwa.

“Apalagi diketahui bersama bahwa proyek ini merupakan proyek nasional, sehingga barangkali akan berat jika kedepannya akan mangkrak, kami juga telah melakukan mediasi dengan penanggung jawabnya, semoga akan ada evaluasi yang lebih baik” pungkas A. Irfan Paharudin.

Pemblokiran jalan berlangsung sekitar 2 jam, hingga datangnya Ihsan Rauf Raja. SH. Penanggung jawab bagian percepatan Proyek Strategis Nasional Stasiun dan Rel Kereta Api.

“Saya akan menyampaikan masalah ini ke pihak penyelenggara dan akan membantu terkait keinginan masyarakat.” Singkat Ihsan Rauf Raja. SH.

Diketahui bahwa massa aliansi yang memblokade jalan membawa tuntutan sebagai berikut;

– Meminta bupati Maros dan Kapolres Maros membuat team satgas untuk mengawasi setiap armada pengangkut timbunan mulai dari truk yang menambah bak, mengatur jarak dan deretan truk melewati pemukiman warga

– Meminta bupati Maros memerintahkan ke satuan kerja melakukan penyiraman pada jalan yang dilalui truk pengangkut timbunan rel kereta api.

– Meminta bupati Maros menutup semua aktifitas tambang ilegal yang ada di kabupaten yang disebabkan dari proyek pembangunan stasiun dan rel kereta api
-Pengangkut material dapat beroperasi dari jam 08.00 sampai jam 17.00 ( tidak ada toleransi dengan alasan apapun ).

– Meminta Polres dan Dishub Maros untuk menindak setiap angkutan yang melebihi batas waktu.

Penulis: Anchank

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kapolres Maros Meninjau Vaksinasi Covid-19  Pelajar SMA Negeri 1 Maros 
Next post Kapolres Maros Pimpin Latihan Pra Ops Bina Kusuma 

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles

Sponsor