Jelang  Idul Fitri 1443 H Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Maros Gelar Pasar Murah Produk Hasil Ternak dan Olahan

0 0
24 Views
Read Time:1 Minute, 54 Second

Diberitakan.com | Maros – Jelang perayaan Idul Fitri 1443 H, Pemerintah Daerah Kabupaten Maros melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggelar pasar murah produk hasil ternak dan olahan.

Agenda Pasar murah ini berlangsung di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jalan Sam Ratulangi, Kelurahan Turikale, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros. Kamis (28/4/2022).

Kepada awak media, Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengungkapkan, pasar murah ini sengaja dilaksanakan menjelang Idul Fitri. Mengingat kebutuhan masyarakat terhadap produk hasil ternak yang mulai meningkat.

“seminggu lalu kami sudah menggelar sidak, ada dua titik diantaranya Pasar Tramo dan Grand Mall. Melihat kebutuhan masyarakat semakin meningkat jadi kami pastikan stok komoditras terpenuhi, sekaligus memantau langsung harga beserta masa kadaluarsanya” kata Bupati Maros.

“selain itu, situasinya memang cukup mendukung, terlebih harga di pasaran mengalami lonjakan. Ini juga untuk memantau kondisi lapangan agar masyarakat tahu bahwa pemerintah daerah telah memfokuskan program pasar murah jelang idul fitri” tambahnya.

Bupati mengaku telah berbincang dengan beberapa Rumah Potong Hewan (RPH) terkait ketersediaan stok. Untuk ketersediaan stok hingga hari raya, diakui masih bisa terpenuhi.

“Stoknya aman, sisa tugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Khusus petugas Keswan diharap bisa menjaga kualitas daging di lapangan,” jelasnya.

Menurut Chaidir, sangat penting menjaga kualitas daging yang segar, sehat dan aman, juga murah. “Jangan sampai tampilannya segar, tetapi tidak sehat. Untuk tetap menjaga kualitas, usai pasar murah ini petugas akan terus melakukan sidak sampai hari H. Ayo ke Maros, ayo belanja di Maros,” ujarnya.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, pangan khususnya produk peternakan ini tersedia. Dilaksanakan lebih awal, mudah-mudahan berkah,” bebernya.

Abd Azis menyebutkan, harga yang dibanderol di event ini lebih murah ketimbang harga di pasaran. Seperti harga daging yang dijual di pasar berkisar Rp120 ribu sampai Rp125 ribu, sementara di pasar murah berkisar Rp110 ribu sampai Rp115 ribu.

“Harga daging di pasar sudah melonjak. Lonjakannya bahkan sampai Rp10 ribu. Sedangkan di pasar murah harganya masih harga lama,” sebutnya.

Pasar murah yang digelar akan berlangsung selama dua hari, yakni 27-28 April 2022. Masyarakat sangat antusias dengan terlaksananya pasar murah ini, terbukti dengan banyaknya masyarakat yang datang lebih awal bahkan sebelum pasar murah resmi dibuka.

Salah satu warga, wati mengaku sangat terbantu dengan adanya pasar murah ini. “Saya beli ayam Rp100 ribu sudah dapat 3 ekor. Kalau beli di pasar harga ayam paling murah Rp60 ribu,” bebernya.

Penulis: Anchank

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post PTUN Jakarta Menolak Gugatan 2 Permohonan Banding yang Diajukan Kubu Moeldoko dan Pendukungnya.
Next post Pemkab Maros Koordinasi Bersama Para Pedagang terkait Kegiatan Pasar Tumpah Jelang Idul Fitri 1433 H

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles

Sponsor