Persiapkan Amankan Malam Takbiran, Polres Melawi Gelar Tactical Wall Game Bersama Instansi Terkait 

0 0
12 Views
Read Time:2 Minute, 49 Second

Diberitakan.com | Melawi— Dalam rangka persiapan pengamanan malam takbiran menyambut hari Idul Fitri 1443.H, Polres Melawi menggelar Tactical Wall Game (TWG) bersama sejumlah instansi terkait, seperti TNI, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP dan Dinas Kesehatan di Kantor Satpat Sat Lantas Polres Melawi, Jumat (29/4/2022).

Hal itu dilakukan guna persiapan pengamanan terhadap dua agenda yang akan dilaksanakan oleh masyarakat Nanga Pinoh dalam merayakan Idul fitri tahun ini.

Kabag Ops Polres Melawi, Kompol Aang Permana, S.I.P., M.A.P memaparkan rencana pengamanan pada dua agenda itu. Diantaranya pawai kendaraan hias saat malam takbiran serta lomba perahu hias/ pada hari pertama lebaran.

Adapun untuk pawai malam takbiran yang akan dilaksanakan oleh beberapa peserta dengan menggunakan kendaraan roda empat, dengan rute yang dimulai dari pendopo Bupati Melawi menuju terminal Sidomulyo dan kembali lagi menuju pendopo

“Pengamanan akan dilakukan dengan menempatkan personel gabungan di tiap persimpangan sepanjang jalan Juang yang digunakan saat kegiatan berlangsung. Selain itu, akan dilakukan rekayasa lalu lintas pada sejumlah titik guna menghindari kemacetan panjang. Dan Untuk kendaraan dari arah jembatan menuju pasar akan dialihkan melewati jalur pantai melalui Jalan Beringin,” lanjutnya.

Sementara untuk pengamanan lomba perahu hias dan dragon boat, Kompol Aang menyampaikan akan menempatkan personelnya yang berjumlah paling sedikit 100 orang dibantu dengan TNI, Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan di sekitaran jembatan Nanga Pinoh dan sepanjang tepian Sungai Pinoh – Sungai Melawi guna mengantipasi dari segala hal yang tidak diinginkan. Karena kegiatan tersebut berlangsung ditepi sungai terkhusus pada anak anak sehingga perlu para orang tua untuk menjaga dan berhati hati.

Menanggapi rencana pengamanan itu, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.Kbyang hadir langsung dalam kegiatan itu pun menekankan agar TWG yang digelar dapat diaplikasikan saat pelaksanaannya nanti.

“Sehingga pada saat di lapangan, kita tidak mempersoalkan hal-hal teknis lagi. Jadi kita fokus laksanakan pengamanan sesuai yang direncanakan dan Kapolres berharap kegiatan berjalan bisa dengan aman dan lancar,” tegasnya.

AKBP Sigit juga berpesan kepada masing-masing pihak untuk mengantisipasi kerawanan-kerawanan yang ada saat kegiatan pawai malam takbiran maupun lomba perahu hias dan dragon boat itu.

“Tingkatkan kewaspadaan saat lakukan pengamanan, mulai dari kemacetan dan laka lantas, juga termasuk aksi curanmor terhadap kendaraan warga yang diparkirkan. Ini harus kita antisipasi,”pesannya

Sejalan dengan Polres Melawi, Dinas Perhubungan Melawi yang diwakili oleh Syarifuddin, S.H., M.H selaku sekretaris Dinas Perhubungan mengatakan pihaknya siap untuk turut serta mengamankan kegiatan masyarakat saat Hari Raya Idulfitri 1443 H.

Untuk lomba perahu hias dan dragon boat, bidang ASDP kami akan menyiapkan speed boat dan alat-alat penyelamatan (SAR) guna mengantisipasi adanya kecelakaan di sungai saat perlombaan maupun penonton yang terjatuh ke sungai.”

Terkait dengan lalu lintas dari pihak Dishub juga telah mempersiapkan beberapa titik lahan parkir guna antisipasi kemacetan lalu lintas dan curanmor selama kegiatan berlangsung,” ujarnya.

Sat Pol PP Melawi yang diwakili oleh Saibun Sibarani, S.Sos. juga menyampaikan pihaknya siap melakukan pengamanan seperti yang telah direncanakan.

Disisi lain, sambungnya, personel Sat Pol PP Melawi juga telah melakukan pendataan terhadap para penjual petasan dan kembang api yang ada di sekitaran kota Nanga Pinoh guna penertiban dan mengantisipasi terjadinya kebiasaan masyarakat yang melakukan perang kembang api di sekitar jembatan Nanga Pinoh.

“Sehingga hal tersebut kami lakukan demi kenyamanan kita bersama bahkan kami telah melakukan pendataan kepada para penjual petasan dan kembang api yang ada di Kota Nanga Pinoh, sehingga kami sepakat dan telah membuat surat pernyataan untuk tidak mendukung perang kembang,” pungkasnya.

Penulis: */Skn

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Pemkab Maros Koordinasi Bersama Para Pedagang terkait Kegiatan Pasar Tumpah Jelang Idul Fitri 1433 H
Next post Anggota DPRD Propinsi Jateng Fraksi PDI Perjuangan Gelar Baksos Di Momentum Peringati Hari Kartini

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles

Sponsor