Dua Tahun Tertunda, Tahun Ini Pemkab Klaten Berangkat 493 Jamaah Haji

0 0
22 Views
Read Time:1 Minute, 38 Second

 

Diberitakan.com |  Klaten – Setelah dua tahun tertunda, pemerintah mengumumkan akan memberangkatkan calon jamaah haji dengan kuota 100.051 pada musim 2022. Dari kuota tersebut, Kabupaten Klaten mendapatkan alokasi 493 jamaah, termasuk pendamping yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Klaten, Haryadi saat pembukaan manasik haji tingkat Kabupaten Klaten di Gedung Pertemuan Al Mabrur, Klaten, Senin (23/5/2022). Hariyadi menyebutkan jumlah calon jamaah haji yang akan diberangkatkan tersebut sesuai aturan Pemerintah Pusat yang disesuaikan dengan kebijakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

“Karena masih adanya pembatasan oleh Arab Saudi, jumlah jamaah asal Klaten yang diberangkatkan tahun ini tidak sampai setengah jumlah jamaah haji tahun-tahun sebelumnya. Namun pemerintah tetap berusaha mempersiapkan kebutuhan jamaah semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Adapun calon jamaah yang diberangkatkan merupakan calon jamaah yang sudah melunasi pembayaran biayan haji di tahun 2020, 2021, dan 2022. Hal ini menyesuaikan syarat Pemerintah Arab Saudi terkait batas usia jamaah, yakni di bawah 65 tahun.

“Jadi yang menentukan bukan Pemerintah Pusat, bukan Kemenag, tapi dari Pemerintah Arab Saudi. Sehingga kami hanya menyesuaikan,” paparnya.

Diperkirakan, Kabupaten Klaten masuk dalam kloter 13 yang dijadwalkan berangkat pada 10 Juni mendatang. Usai manasik haji tingkat kabupaten, para calon jamaah haji akan mengikuti manasik haji tingkat kecamatan sebanyak tiga kali penyelenggaraan sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Bupati Klaten, Sri Mulyani yang hadir untuk membuka manasik haji tingkat kabupaten, meminta calon jamaah haji untuk fokus pada persiapan pelaksanaan ibadah di Tanah Suci, baik secara fisik maupun rohani. Sementara untuk persiapan teknis, ia meminta calon jamaah percayakan sepenuhnya kepada pemerintah.

“Meskipun informasi dari Pemerintah Arab Saudi mendadak, tapi Pemerintah Indonesia melalui Kemenag telah mempersiapkan segala fasilitas penunjang untuk jamaah sekalian dengan maksimal. Tidak perlu khawatir, cukup fokus pada persiapan ibadah di sana. Jaga kesehatan, jasmani dan rohani, persiapkan dengan matang agar bisa beribadah dengan maksimal saat di Tanah Suci,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menitipkan pesan kepada calon jamaah haji untuk mendoakan masyarakat Kabupaten Klaten semakin makmur dan sejahtera.

Madi

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kelompok Penyanyi Jalan (KPJ) Makassar Persiapan Gelar HUT KPJ Makassar Ke-16 
Next post Kepala Pasar Batangase Kelurahan Bontoa,  Lakukan Penertiban dengan Menyegel Beberapa Kios Tidak Berpenghuni

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles

Sponsor